KOLEKSI

Kamis, 18 November 2010

PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH KODE 007

MENINGKATKAN KINERJA KEPALA SEKOLAH DALAM MENYUSUN RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH MELALUI WORKSHOP DI ..

BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar belakang
RPS merupakan dokumen tentang gambaran kegiatan sekolah dimasa depan maupun sekarang dalam rangka untuk mencapai tujuan sekolah yang telah ditetapkan. RPS penting dimiliki oleh sekolah yang bertujuan untuk memberikan arah dan bimbingan para pelaku sekolah dalam rangka mencapai tujuan sekolah untuk memperkecil resiko dan mengurangi ketidakpastian masa depan. Perencanaan sekolah merupakan suatu proses untuk menentukan tindakan masa depan sekolah yang tepat melalui urutan pilihan, dengan memperhitungkan sumber daya yang tersedia.

Kepala Sekolah memiliki peran yang sangat kuat dalam mengkoordinasikan semua sumber daya pendidikan yang tersedia. Kepemimpinan Kepala Sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Sekolah melalui program program yang dilakukan secara berencana dan bertahap.Oleh karena itu Kepala Sekolah dituntut memiliki kemampuan kemampuan manajemen dan kepemimpinan yang tangguh agar mampu mengambil keputusan dan inisiatif / prakarsa untuk meningkatkan mutu sekolah.
Tugas dan fungsi Kepala sekolah adalah mengelola penyelanggaraan Manajemen Berbasis Sekolah ( MBS ) di sekolah masing masing , mengingat sekolah merupakan unit terdepan dalam penyelenggaraan MBS , salah satu tugas Kepala Sekolah adalah menyusun Rencana Pengembangan Sekolah ( RPS ). Hal ini sesuai dengan Manajemen Berbasis Sekolah bahwa, Kepala Sekolah menjalankan salah satu tugas dan fungsinya adalah menyusun Rencana dan Program Pengembangan Sekolah dengan melibatkan semua unsur antara lain : Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, Tata Usaha, Wakil Siswa ( Osis ) Waki orang tua siswa, Wakil Organisasi profesi, Wakil Pemerintah dan Tokoh masyarakat ( Depdiknas, tahun 2003 : 29 )
Panduan pelaksanaan Workshop Pendayagunaan MBS Kecamatan / Kota dalam penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah ( RPS ) Non DBEP menjelaskan bahwa ;
Salah satu upaya meningkatkan Manajemen Berbasis Sekolah yang diminta Kepala
Dinas Dikbud Kota . adalah Sekolah mampu Menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS ) sehingga asas transparansi, akuntabilitas dan bekerja berdasarkan rencana dapat tercapai ( Depdikbud Kota ., tahun 2002 )
Namun dalam kenyataan di lapangan masih banyak Kepala Sekolah belum menyusun Rencana Pengembangan Sekolah disebabkan oleh beberapa hal antara lain : (1) Kepala Sekolah sebagai pemimpin belum memahami secara tuntas tentang Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah ( RPS ) sebagai akibat kekurangan informasi yang didapat. (2) Tugas Kepala Sekolah utamanya di ........sangat komplek mengingat di ........tidak memiliki staf Tata Usaha, (3) Sementara ini Kepala Seklolah menyelenggarakan pendidikan di sekolah tidak berdasarkan perencanaan yang jelas ( tidak memiliki RPS khususnya sekolah non DBEP ).
Berdasarkan informasi dan pengamatan di lapangan secara langsung bahwa Kepala ........yang ada di ........ belum memahami dan mampu menyusun Rencana Pengembangan Sekolah ( RPS ) maka perlu dilakukan upaya peningkatan kemampuan Kepala Sekolah dalam menyusun Rencana Pengembangan Sekolah melalui workshop.

B.Identifikasi Masalah.
Sebagaimana telah diuraikan di depan bahwa Kepala Sekolah memiliki peran yang sangat kuat dalam mengkoordinasikan semua sumber daya pendidikan yang tersedia. Kepemimpinan Kepala Sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan Visi, Misi , tujuan dan sasaran sekolah melalui program program yang dilakukan secara berencana dan bertahap. Oleh karena itu Kepala Sekolah dituntut memiliki kemampuan manajemen dan kepemimpinan yang tangguh agar mampu menghasilkan keputusan dan prakarsa untuk meningkatkan mutu sekolah.
Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) sangat perlu dimiliki oleh sekolah untuk memberi arah dan bimbingan para pelaku sekolah dalam rangka untuk mecapai tujuan sekolah dengan resiko yang kecil dan mengurangi ketidak pastian masa depan.
Berdasarkan informasi dan pengamatan langsung di lapangan, semua Kepala ........yang ada di ........, belum memahami dan belum mampu menyusun RPS, hal ini disebabkan kurangnya informasi serta bimbingan yang mereka dapatkan dalam menyusun Rencana Pengembangan Sekolah ( RPS ), oleh karena itu perlu dilakukan upaya peningkatan kemampuan Kepala Sekolah dalam menyusun RPS melalui Workshop.

C.Rumusan Masalah.
Berdasarkan latar belakang masalah seperti diuraikan di atas maka masalah yang akan diteliti adalah “ Bagaimana meningkatkan kemampuan Kepala ........dalam menyusun RPS melalui workshop di ........?

A. Pemecahan Masalah.
Berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan kemampuan Kepala Sekolah dalam menyusun RPS, antara lain memperdalam pengetahuan tentang penyusunan RPS dan syarat syarat penyusunan RPS yang baik dan benar. Namun fokus perbaikan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan Kepala Sekolah dalam menyusun RPS melalui workshop. Melalui workshop diberikan pembekalan dan bimbingan teknis penyusunan RPS untuk seluruh Kepala ........di ......... Pada proses perkembangan kemampuan menyusun RPS, dilakukan perbaikan perbaikan terhadap draf – draf awal RPS. Dengan adanya umpan balik dari fasilitator diharapkan ada motivasi sehingga kemampuan menyusun RPS dapat ditingkatkan.

D.Tujuan dan manfaat Penelitian.
Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut : (1) Peningkatan kemampuan Kepala Sekolah dalam menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) sebagai tuntutan oprasional dalam penyelenggaraan sekolah. (2) Dengan disusunnya RPS oleh Kepala Sekolah diharapkan apa yang menjadi tujuan sekolah bisa tercapai. (3) Sekolah memiliki RPS yang sesuai dengan siuasi dan kondisi sekolah masing masing.

DOWNLOAD BAB SELANJUTNYA DISINI!!

2 komentar:

  1. Bagus dan penting bagi para pengawas sekolah. Teruskan demi pendidikan, Pak Jar!

    BalasHapus
  2. keren mas

    makasih ya
    visit back y mas .,.,.,.
    http://hewarati.blogspot.com/

    BalasHapus