UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN TES HASIL BELAJAR AKHIR SEMESTER MELALUI WORKSHOP PADA KELAS.. DI .. TAHUN
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Penilaian adalah penerapan berbagai cara dan penggunaan beragam alat , untuk memperoleh berbagai informasi ketercapaian kompetensi peserta didik ( Mimin, 2006 ; 16 ) . Penilaian pada dasarnya bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang perkembangan proses dan hasil belajar para peserta didik dan hasil mengajar guru . Informasi mengenai hasil penilaian proses dan hasil belajar serta hasil mengajar yaitu berupa penguasaan indikator – indikator dari kompetensi dasar yang telah ditetapkan . Informasi hasil penilaian ini dapat digunakan sebagai sarana untuk memotivasi peserta didik dalam pencapaian kompetensi dasar, melaksanakan program remidial serta mengevaluasi kemampuan guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran.
Menyusun tes hasil belajar akhir semester ganjil bertujuan untuk mengukur keberhasilan siswa dalam menguasai indikator – indikator kompetensi dasar di semester ganjil., dengan melihat hasilnya guru akan mengetahui kelemahan siswa . Untuk dapat menyusun tes yang memenuhi persyaratan cukup sulit karena menyusun tes memerlukan pengetahuan, keterampilan serta ketelitian yang cukup tinggi.
Menyusun tes untuk mengetahui tingkat kemampuan akademik pada semester ganjil supaya dapat menarik kesimpulan apakah siswa bersangkutan telah menguasai indikator – indikator kompetensi dasar atau tidak.
Kenyataan yang terjadi di sekolah bahwa guru jarang menyusun tes . Biasanya menggunakan tes yang sudah ada kemudian disesuaikan dengan materi ajar. Keadaan ini juga terjadi di .......... sehingga sering terjadi tidak tepat antara tes dengan kompetensi dasar yang disyaratkan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ). Di sisi lain guru sebagian besar belum bisa menyusun tes., sehingga sering mencari dari beberapa kumpulan soal yang sudah ada. Setiap penyelenggaraan ulangan akhir semester kadang – kadang tes tersebut secara utuh dapat ditampilkan lagi pada semester berikutnya.
Melihat kondisi seperti ini guru belum memiliki kemampuan untuk menyusun tes dan belum pernah mencoba menyusun tes hasil karnya sendiri. Sehubungan hal tersebut maka penelitian ini perlu dilaksanakan.
B. Identifikasi Masalah
Penulis menemukan di lapangan setelah observasi dalam penulisan tes hasil belajar akhir semester sebagaian besar guru .......... masih mengalami kesulitan atau masalah dalam penyusunan tes profesional. Dengan demikian maka kemampuan guru perlu ditingkatkan utamanya dalam menyusun tes profesional untuk akhir semester ganjil.
Adapun permasalahan yang terdapat dalam menyusun tes profesional adalah sebagai berikut :
1. Guru belum mampu menyusun bunyi butir tes dengan tujuan pembelajaran.
2. Guru belum mampu mengukur aspek perilaku tingkat kesukaran Ta..........onomi Bloom
3. Guru belum mampu mempergunakan bahasa Indonesia yang benar dan baik.
C. Perumusan masalah
Bagaimana upaya untuk meningkatkan Kemampuan guru dalam menyusun tes hasil belajar akhir semester ganjil ?
D. Pemecahan Masalah
Sesuai dengan permasalahan yang dihadapi ole guru .......... dalam hal menyusun tes , maka pemecahan masalah tersebut adalah melaksanakan Workshop.
E. Tujuan dan manfaat Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai adalah agar guru – guru .......... memiliki kemampuan dalam menyusun tes hasil belajar akhir semester ganjil .
Manfaat penelitian ini adalah supaya guru – guru .......... memiliki tes hasil belajar akhir semester ganjil .
DOWNLOAD BAB SELANJUTNYA DISINI
Trim's Pak Jarwoko PTSnya...
BalasHapus